Wednesday 17 February 2016

HUTAN MENURUT FUNGSINYA

Mahasiswa Kehutanan Wajib Tau nih.......
Kehutanan adalah kegiatan menggunakan hasil hutan. Hutan merupakan sumber daya alam yang dapat diperbarui. Manfaat hutan, misalnya penghasil kayu, mencegah banjir dan erosi, sebagai obyek wisata, serta sebagai paru-paru dunia. Hasil hutan antara lain, kayu, rotan dan damar.
Berdasarkan fungsinya, hutan dibedakan menjadi lima jenis, antara lain sebagai berikut :

1. Hutan Wisata, adalah hutan yang dijadikan suaka alam yang ditujukan untuk melindungi tumbuh-tumbuhan serta hewan/binatang langka, agar tidak musnah atau punah di masa yang akan datang. Biasanya hutan wisata menjadi tempat rekreasi dan tempat penelitian.

 Hutan Wisata Punti Kayu - Palembang

2. Hutan Cadangan, merupakan hutan yang dijadikan sebagai lahan pertanian dan pemukiman penduduk.

3. Hutan Lindung, adalah hutan yang difungsikan sebagai penjaga keteraturan air dalam tanah (fungsi hidrolisis), menjaga tanah agar tidak terjadi erosi serta untuk mengatur iklim (fungsi klimatologis) sebagai penanggulangan pencemaran udara seperti karbon dioksida dan karbon monoksida.



4. Hutan Suaka Alam, adalah kawasan hutan yang karena sifat-sifatnya yang khas diperuntukan secara khusus untuk perlindungan alam hayati atau manfaat-manfaat yang lainnya. Hutan suaka alam terdiri dari Cagar alam dan Suaka margasatwa.
Cagar Alamiah kawasan suaka alam yang keadaan alamnya mempunyai kekhasan tumbuhan, satwa dan ekosistem atau ekosistem tertentu yang perlu dilindungi dan perkembangannya berlangsung secara alami.

Suaka margasatwa ialah kawasan suaka alam yang mempunyai cirri khas berupa keanekaragaman atau keunikan jenis satwa yang untuk kelangsungan hidupnya dapat dilakukan pembinaan terhadap habitatnya.

5. Hutan Produksi / Hutan Industri, adalah hutan yang dapat dikelola untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai ekonomi. Hutan produksi dapat dikategorikan menjadi 2 golongan, yaitu hutan rimba dan hutan budidaya. Hutan rimba adalah hutan yang alami, sedangkan hutan budidaya adalah hutan yang sengaja dikelola manusia yang biasanya terdiri dari satu jenis tanaman saja.


Itulah info online tentang Macam macam hutan menurut fungsinya, semoga menjadi tambahan informasi dan pengetahuan yang bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Entri Populer